Bekas Luka

bekas luka 1Luka adalah suatu proses, tempat terjadinya penyemitan ukuran luka dengan kehilangan jaringan. Luka juga dapat diartikan sebagia suatu irisan atua robekan pada kulit. Semua luka berdarah selalu terasa sakit dan mudah menjadi terinfeksi. Luka dapat dibersihkan dengan baik kemudian ditutup dengan pembalut atau kain bersih.

Luka menjadi lahan yang subur bagi pertumbuhan mikroorganisme. Oleh karena itu cara perawatan luka harus tertuju pad ausaha untuk menghindari terjadinya pencemaran luka atau sedapat mungkin membatasi terjadinya luka. Meskipun demikian higiene luka merupakan satu-satunya faktor pada perawatan luka yang menyebabkan timbulnya infeksi karena kondisi umum pasien dan tempat terjadinya luka juga sangat menentukan dalam hal penyebaran infeksi luka.

Kulit yang terinfeksi luka atau mendapat robekan atau irisan mengakibatkan luka pada kulit, pastinya akan meninggalkan bekas luka pada kulit. Bekas luka tentunya akan mencemari warna kulit yang tidak sama dengan warna kulit yang tidak terkena luka. Misalnya luka akibat terkena benda tajam, luka akibat terbentu benda keras atau tumpul yang meninggalkan bekas luka yang cukup lebar, bekas luka umumnya banyak terjadi akibat luka akibat kecelakaan dan luka bekas operasi.

Beberapa jenis bekas luka seperti luka bekas operasi, umumnya lama-kelamaan bekas luka akibat sayatan alat bedah akan menjadi daging baru. Beberapa bekas luka yang bersifat basah umumnya akan menimbulkan gangren (bekas luka seperti pada penderita diabetes).

Bekas luka tergantung dari jenis luka yang diderita. Umumnya luka kering atau tidaknya luka. Luka kering akan lebih cepat sembuh daripada luka yang basah, karena luka kering akan lebih cepat tumbuh lapisan granulasi di bawah keropeng luka.

Bekas luka sebagian besar disebabkan oleh cara perawatan luka bukanya karena jahitan pada luka. Cobalah kiat perawatan berikut :

1. Ikuti intruksi perawatan luka dari dokter Anda dan saran awal untuk menjaga kebersihan luka. Infeksi yang terjadi pada luka adalah penyebab umum timbulnya bekas luka

2. Jahitan pada luka yang bertahan dalam jangka panjang meningkatkan kesempatan terjadinya infeksi

3. Pijatlah luka setelah beberapa hari. Pergunakalah cairan pelembap yang mengandung lidah buaya atau minyak vitamin E dan gosokkan cairan pada kulit yang luka. Pijatan ini meningkatkan aliran darah ke luka.

4. Jaga luka agar terhindari dari matahari, terutama luka yang mengenai wajah. Selama 6 bulan pertama dari penyembuhan, luka jangan langsung dihadapkan ke sinar matahari. Bekas luka mungkin berwarna lebih gelap daripada warna kulit disekitarnya.


=====================================

>>> Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki, Bekas Luka di Wajah, Bekas Luka Lama, Bekas Luka Bakar, Bekas Luka di Kulit, KLIK DISINI!
=====================================


This entry was posted in Bekas Luka and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>