Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar – Hal yang dilakukan sebagai tujuan yang utama untuk menolong mereka yang mengalami luka bakaer alah untuk membantu mengurangi nyeri dan rasa sakit, untuk melakukan pencegahan infeksi, mencegah dan juga mengatasi masalah syok atau depresi secara psikologis yang bisa saja menjadi masalah yang serius. Usaha pertolongan pertama luka bakar adalah dilakukan dengan cara penurunan suhu pada daerah sekitar luka bakar sehingga bisa membantu melakukan pencegahan terbentuknya luka pada jaringan dibawahnya lebih parah lagi.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar

Dan walau bagaimanapun juga luka serius yang umumnya, tindakan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga agar jalan napas si korban tetap dalam keadaan lancar. Luka bakar sendiri dibagi menjadi beberapa stadium. Dan setiap pertolongan pertama pada luka bakar berbeda caranya.

Pertolongan pertama pada kuka bakar tingkat 1 dilakukan karena luka bakar yang terjadi merusak jaringan yang hanya terjadi di bagian luar lapisan kulit saja. Sebagai contoh adalah kulit yang terkena oleh sengatan sinar matahari, tersiram air panas atau uap panas dengan gejala melepuh pada kulit yang terkena.

Pertolongan pertama pada louka bakar stadium 1 adalah siram kulit yang terbakar dengan air yang mengalir atau bisa juga dengan mengompresnya dengan air dingin dengan memakai handuk kecil atau juga bisa dengan menggunakan kain apapun yang bersih yang sudah terlebih dahulu dicelup ke air dingin. Hal ini dilakukan hingga sakit menghilang. Kemudian luka bakar tadi ditutup dengan menggunakan perban yang sudah steril untuk memabntu pencegahan terjadinya infeksi pada luka. Dilarang memberikan minyak atau mentega pada luka bakar. Jangan memberikan obat atau ramuan lain yang dilakukan dengan tidak seizin dokter.

Pertolongan pertama pada luka bakar stadium dua adalah dengan menyiram menggunakan air dingin atau air es pada luka yang terkena, atau juga bisa dengan cara mengompres dengan kain yang bersih yang sudah dicelup dengan air dingin.

Mengeringkan luka bakar dengan dengan handuk yang sudah bersih bertujuan untuk membantu mencegah infeksi luka bakar yang terjadi. Angkatlah kaki atau tangan yang mengalami luka bakar dengan posisi lebih tinggi dari organ jantngnya. Segeralah mencari pertolongan medis, jika si korban mengalami kesulitan dalam bernapas.

Bekas luka bakar biasanya akan menimbulkan bekas luka yang tidak bisa hilang atau menghitam, mengkerut, dan lainnya. Walaupun sudah melakukan pertolongan pertama pada luka bakar, namun Anda pasti ingin menghilangkan bekas luka bakar tersebut. Bekas luka bakar sangat mengganggu penampilan seseorang, apalagi jika bekas luka bakar bisa terlihat dengan mata kita. Misalnya seperti jerawat dan juga bekas luka akibat komedo bisa dihilangkan dengan cara alami. Namun, ada cara alami yang bisa membantu menghilangkan bekas luka bakar :

  1. Menggunakan lemon
    Menghilangkan bekas luka bakar menggunakan lemon adalah oleskanlah air lemon dibagian kulit yang mempunyai bekas luka dan kemudian dipijat selama kurang lebih 2 menit. Perawatan ini harus dilakukan dengan teratur dan rutin. Sebaiknya perawatan harus dilakukan jika luka bakar sudah sembuh total.
  2. Lidah buaya
    Menghilangkan bekas luka bakar dengan lidah buaya. Untuk membantu menghilangkan bekas luka bakar yang menghitam maka bisa menggunakan lidah buaya. Caranya adalah pijatlah kulit dengan menggunakan ekstrak lidah buaya secara teratur. Dan selain bisa membantu menghilangkan bekas luka, lidah buaya juga bermanfaat untuk membantu membuat kulit menjadi halus dan lembut.
  3. Minyak almond dan minyak zaitun
    Menggunakan minyak zaitun dan minyak almond dengan cara memijat bekas luka yang dilakukan 2 kali dalam sehari. Dan bekas luka bakar lama kelamaan akan hilang dengan sendirinya dan tidak akan terlihat. Dan selain itu juga, Anda juga bisa menggunakan metode alami seperti melakukan pemijatan pada bekas luka menggunakan minyak kelapa.
  4. Susu
    Menghilangkan bekas luka menggunakan susu. Caranya adalah hanya dengan memijat bekas luka bakar menggunakan susu selama 10 menit sebelum Anda mandi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka Anda juga bisa menambahkan beberapa tetesan lemon.
  5. Tomat
    Buah tomat untuk membantu menghilangkan bekas luka. Kandungan vitamin yang ada di dalamnya mempunyai tingkat efektif untuk membantu menghilangkan bekas luka dan menghilangkan sel kulit mati secara alami. Untuk membantu menghilangkan bekas luka bakar dengan alami, maka gunakanlah potongan tomat yang masih segar atau bisa menggunakan jus tomat namun tanpa campuran gula di daerah bekas luka denga teratur.

Saat ini juga banyak dijual salep penghilang bekas luka yang banyak dijual di apotek. Anda bisa menggunakannya untuk membantu menghilangkan bekas luka bakar. Namun, ada baiknya kita menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas luka bakar agar tidak timbul reaksi alergi atau lainnya.

Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar


=====================================

>>> Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki, Bekas Luka di Wajah, Bekas Luka Lama, Bekas Luka Bakar, Bekas Luka di Kulit, KLIK DISINI!
=====================================


This entry was posted in Bekas Luka and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *